Home / PENGABDIAN MASYARAKAT / KEMBANGKAN SUVENIR KHAS MUSEUM SANGIRAN

KEMBANGKAN SUVENIR KHAS MUSEUM SANGIRAN

Mengangkat Ekonomi Masyarakat dan Wisata

Produk suvenir merupakan salah satu media yang digunakan sebagai pendukung promosi suatu obyek wisata. Produk suvenir yang bagus selain dapat meningkatkan nilai ekonomis produk, juga dapat digunakan sebagai media pencitraan suatu obyek wisata agar menarik minat pengunjung untuk datang dan melakukan kunjungan. Penelitian terapan ini bertujuan untuk mengetahui produk suvenir dari pedagang di lingkungan Museum Sangiran, selanjutnya dilakukan perancangan desain suvenir yang baru yang sesuai dengan tuntutan fungsi, nilai ekonomi, budaya dan citra dari obyek wisata Museum Sangiran. Desain suvenir yang baru dibuat agar dapat berfungsi secara baik untuk menunjang tampilan produk khas Museum Sangiran, pada akhirnya diharapkan ada penambahan transaksi sehingga dapat meningkatkan omset penjualan pedagang suvenir di lingkungan Museum Sangiran. Desain dibuat berdasarkan kaidah fungsi guna, aman dan ekonomis, ramah lingkungan (daur ulang) serta memiliki karakter khas (lokalitas) sesuai destinasi wisata yang ada di lingkungan Museum Sangiran.

Obyek penelitian terapan desain ini adalah produk suvenir di lingkungan Museum Sangiran, metode yang digunakan dalam deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif atau dapat disebut juga strategi penelitian ganda. Kuantitafif disini menggunakan data-data yang merupakan hasil observasi di lapangan, kemudian dibandingkan dengan referensi yang dirujuk, nara sumber serta dianalisis berdasarkan intepretasi peneliti, selanjutnya kegiatan desan diawali dengan tahap product discovery sampai memperoleh hasil kreasi inovasi dalam proses product design.

Hasil penelitian terapan  seni/desain ini berupa desain dan moke up suvenir yang sesuai dengan kaidah ; fungsi, ekonomi, keindahan, lokalitas dan citra Museum Sangiran. Hasil penciptaan seni/desain ini diharapkan juga memberikan pengayakan materi Mata Kuliah  yang ada pada Program Studi Desain Interior ISI Surakarta.

Dosen yang terlibat pada penelitian terapan ini adalah Eko Sri haryanto, S.Sn, M.Sn sebagai ketua, serta Ir. Tri Prasetyo Utomo Sebagai Anggota. Tim ini juga dibantu pelaksanaannya oleh Wingga Arum dan Nanda Mukti mahasiswa Program Studi Desain Interior ISI Surakarta

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

About Desain