Home / PENELITIAN DOSEN / DOSEN DESAIN INTERIOR ISI SURAKARTA KEMBANGKAN LAMPU RAMAH LINGKUNGAN

DOSEN DESAIN INTERIOR ISI SURAKARTA KEMBANGKAN LAMPU RAMAH LINGKUNGAN

Lampu merupakan salah satu elemen pengkondisian interior, Lampu dekoratif  aromaterapi ini selain digunakan sebagai pencahayaan, dapat juga dipakai untuk menciptakan atmosfer interior. Lampu dekoratif aromaterapi dapat  dikembangkan menjadi fungsi-fungsi lain yang dapat mendukung aktivitas kebutuhan manusia pada interior, beberapa diataranya adalah untuk kesehatan dan kenyamanan.

Penelitian artistik ini dimaksudkan untuk membuat produk lampu menggunakan bahan kayu yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian artistik ini juga mencoba untuk mengembangkan bahan lain yang selama ini masih jarang digunakan secara optimal yaitu lampu ultra violet dan minyak atsiri. Minyak atsiri yang tersedia banyak dilingkungan tropis sementara  ini hanya digunakan oleh masyarakat sebagai bahan obat dan bumbu masakan.

Kegiatan Penelitian artistik ini  dimulai dengan penemuan produk sampai diperoleh hasil kreasi inovasi dalam proses desain produk. Tahap pertama dalam penelitian yang diterbitkan ini adalah menentukan objek yang diperlukan kemudian melakukan analisis dan sintesa, selanjutnya melakukan proses perencanaan yang sesuai dengan kebutuhan pemulihan, kesehatan dan kenyamanan. Penciptaan artistik ini juga berusaha memanfaatkan limbah kayu palet yang banyak ditemukan di lokasi bongkar muat barang ekspedisi yang kemudian digabungkan dengan kayu sonokeling sebagai bahan utama lampu.

Hasil penelitian artistik ini terdiri dari beberapa desain Lampu Hias Aromaterapi yang digunakan sebagai elemen pencahayaan ruang, elemen dekoratif dan sebagai media aromaterapi. Hasil penelitian artistik ini diharapkan juga dapat memberikan pengayakan materi MK Desain Interior dan MK. Desain Assesories Interior pada Program Studi Desain Interior Institut Seni Indonesia Surakarta.

0

User Rating: Be the first one !
It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

About Desain