Home / HOTNEWS / Pengembangan Desain Produk Kerajinan Berbahan Limbah Kayu di Klaten (PPM DOSEN DESAIN INTERIOR)

Pengembangan Desain Produk Kerajinan Berbahan Limbah Kayu di Klaten (PPM DOSEN DESAIN INTERIOR)

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pengrajin dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. meningkatkan daya saing mitra binaan dalam menghadapi pasar global. Pengembangan yang dimaksudkan meliputi ; desain, sdm, alat, manajemen, strategi dan materi pemasaran. Mitra dari kegiatan pengabdian ini adalah Haryono Wood Craft yang ada di Serenan, Kalten dan Luphy craft yang terdapat di Pedan Klaten, Propinsi Jawa Tengah.

Prospek pengembangan produk keraian berbahan dasar limbah kayu ini sangat baik dan diminati oleh konsumen luas. Keterbatasan kemampuan sumber daya manusia, jaringan bisnis, serta keterbatasan peralatan serta ketergantungan proses finishing terhadap cuaca menyebabkan mitra kurang mampu dalam memanfaatkan peluang mengembangkan usaha ini dengan maksimal. Setelah dilakukan pendampingan, diharapkan mitra mampu menjadi pengrajin yang lebih tangguh, sehingga dapat meningkatkan produksi, kualitas desain, agar meningkatkan nilai jual produk, sehingga mampu menambah penghasilan keluarga, selanjutnya dapat lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja yang berasal dari lingkungan masyarakat sekitarnya.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan selama kurun waktu satu tahun. Kegiatan yang direncanakan berupa ; workshop penggunaan alat produksi dengan teknologi tepat guna, pelatihan manajemen, workshop pembuatan pemasaran, serta workshop pengembangan desain produk yang diminati oleh pasar. Setelah mendapatkan sentuhan desain yang baik, manajemen yang tepat, modernisasi alat produksi, media promosi yang menarik diharapkan mampu meningkatkan daya saing mitra dalam menghadapi pasar.

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

About Desain

Check Also

PENELITIAN DOSEN DESAIN INTERIOR

TAHUN 2015 TAHUN 2016 TAHUN 2017 TAHUN 2018 TAHUN 2019 It's only fair to share...FacebookTwitterLinkedin