Home / HOTNEWS / PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN DESAIN INTERIOR FSRD ISI SURAKARTA PADA UMKM KERAJINAN LIMBAH BAN DI SUKOHARJO

PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN DESAIN INTERIOR FSRD ISI SURAKARTA PADA UMKM KERAJINAN LIMBAH BAN DI SUKOHARJO

 

Dosen Institut Seni Indonesia Surakarta dibawah koordinasi Raden Ernasthan Budi Prasetya, S.Sn, M.Sn, dan Ir. Tri Prasetyo Utomo, M.Sn, pada bulan April sampai dengan September 2018 ini melaksanakan pogram pengabdian masyarakat pada kerajinn  limbah ban di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Kegiatan PPM ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mitra dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk, meningkatkan daya saing pengrajin mebel berbahan ban bekas dalam menghadapi tantangan pasar. Pengembangan yang dimaksudkan meliputi ; desain, penggunaan alat dengan teknologi tepat guna, manajemen, strategi dan materi pemasaran. Mitra dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah Kerajinan Limbah Ban Jaya Jati Ban milik bapak Koco Winarna dan Kerajin Limbah Ban Mandiri Ban milik bapak Untung Budi S di Dusun Jati, Desa Jati, Kec. Gatak, Kab. Sukoharjo, Propinsi Jawa Tengah.

      

Prospek produk kerajinan mebel berbahan daur ulang limbah ban ini sangat baik seiring dengan kepedulian masyarakat terhadap isu lingkungan. Kedua pengrajin tersebut fokus pada pengolahan limbah ban, sementara untuk bahan baku diperoleh dari pengumpul ban bekas di daerah Sukoharjo dan Surakarta. Kemampuan sumber daya manusia, jaringan bisnis, serta keterbatasan peralatan menyebabkan pegrajin kurang mampu dalam memanfaatkan peluang mengembangkan usaha. maksimal. Setelah dilakukan pendampingan, diharapkan mitra mampu meningkatkan mutu produksi, jumlah produk, variasi produk, agar nilai jual produk meningkat sehingga mampu menambah penghasilan keluarga, selanjutnya dapat lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja yang berasal dari lingkungan masyarakat sekitarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama kurun waktu sepuluh bulan. Kegiatan yang direncanakan berupa ; penggunaan alat bantu produksi, pelatihan manajemen, serta pelatihan desain mebel berbahan limbah ban. Setelah mendapatkan pelatihan dan bimbingan teknis, manajemen yang tepat, penggunaan teknologi tepat guna, penggunaan media promosi yang menarik diharapkan mampu meningkatkan daya saing mitra dalam menghadapi pasar.

Tridarma Perguruan tinggi yang di biayai oleh DPRM DIKTI dari Kementrian Riset dan Teknologi Tahun 2017-2018. Kegiatan tersebut disertai dengan hibah alat batu produksi berupa mesin finishing dan mesin potong.

 

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

About Desain

Check Also

PENELITIAN DOSEN DESAIN INTERIOR

TAHUN 2015 TAHUN 2016 TAHUN 2017 TAHUN 2018 TAHUN 2019 It's only fair to share...FacebookTwitterLinkedin