Home / Berita / Dosen ISI Surakarta Melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat “IbM Pengembangan Desain dan Peningkatan Kapasitas Produksi pada Kerajinan Limbah Kaca”

Dosen ISI Surakarta Melaksanakan Program Pengabdian Masyarakat “IbM Pengembangan Desain dan Peningkatan Kapasitas Produksi pada Kerajinan Limbah Kaca”

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia banyak menghadapi kendala dalam mengembangkan usahanya. Beberapa kendala yang sering terjadi dilapangan adalah rendahnya sumber daya manusia, kemampuan produksi dan rendahnya kualitas desain. Program kegiatan ’IbM Pengembangan Desain dan Peningkatan Kapasitas Produksi pada Kerajinan Limbah Kaca’ bertujuan meningkatkan penghasilan dari mitra usaha kecil berbasis limbah kaca. Berdasarkan observasi awal dipilih dua UMKM yang mempunyai keterkaitan dalam bahan baku produksi, yakni Fajar Glass dan Candi Art. Fajar Glass merupakan UMKM penghasil lampu hias dari bahan limbah kaca, sementara Candi Art merupakan UMKM penghasil souvenir berbahan limbah kaca. Program kegiatan ’IbM Pengembangan Desain Produk dan Peningkatan Produksi pada Produk Kerajinan Limbah Kaca’ dilaksanakan dalam bentuk ; pelatihan desain, introduksi teknologi tepat guna (alat bantu produksi mesin pont dan finishing), serta pembinaan pasca program berlangsung. Setelah penyelenggaraan program kegiatan ini diharapkan kedua UMKM berbahan baku limbah kaca tersebut dapat meningkatkan jumlah produksi serta menambah nilai jual produk dari desain-desain yang lebih baik sesuai dengan tren pasar yang ada sehingga mampu meningkatkan taraf hidup pengrajin dan keluarganya.

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin

About Desain

Check Also

PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN DESAIN INTERIOR FSRD ISI SURAKARTA PADA UMKM KERAJINAN LIMBAH BAN DI SUKOHARJO

  Dosen Institut Seni Indonesia Surakarta dibawah koordinasi Raden Ernasthan Budi Prasetya, S.Sn, M.Sn, dan …